-->

Notification

×

Iklan

Halaman

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Berbeda dengan yang Lain, Katolik Idamanku

Senin, 28 September 2020 | September 28, 2020 WIB | 0 Views Last Updated 2020-09-28T02:37:42Z


Berbicara soal agama banyak hal yang perlu diketahui dalam agama yang dianut sesuai dengan keyakinan masing masing individu. 

Agama merupakan sebuah pengakuan iman dalam arti yang luas. Banyak hal yang di ajarkan dalam setiap keyakinan yang di anut. Sama halnya dengan agama katolik yang membuat saya jatuh cinta sehingga saya mengambil tekad untuk tetap mencintai apa yang saya imani yaitu hidup katolik mati tetap katolik.

Sedikit pengetahuan tentang agama katolik adalah sebuah agama besar dimuka bumi. Istilah katolik berasal dari bahasa yunani “katholikos” artinya adalah ajaran yang bersifat umum dan tersebar di seluruh dunia atau dapat diterima di seluruh bumi. 

Agama kristen katolik adalah sebuah kepercayaan yang berdasar pada ajaran hidup sengsara, wafat dan kebangkitan Yesus Kristus sebagai Juruslam.

Dalam katolik berdoa  lewat orang kudus dalam hal ini rosario adalah salah satu bentuk devosi dalam gereja katolik. Arti devosi itu sendiri adalah bentuk doa tidak resmi  yang diakui oleh gereja katolik sebagai bentuk relasi umat beriman dengan Allah Tritunggal. 



Dikatakan tidak resmi karena devosi ini tidak diatur secara baku oleh gereja dalam praktiknya berbeda dengan ketetapan ekaristi yang harus mengikuti ketetapan yang sudah dibuat. Sedangkan dalam devosi prakteknya lebih menyesuaikan dengan kebutuhan umat beriman. 

Orang berdoa dalam bentuk devosi untuk membangun relasi dengan Allah sekalipun dikaitkan dengan santa santo tugas mereka hanya membantu mendoakan permohonan kita bukan mengabulkan karena hanya Tuhan yang bisa mengabulkan doa umaNya.

Sebagai penganut agama katolik, doa adalah suatu makanan pokok bagi  umat katolik, doa adalah nafas hidup orang beriman. Dengan berdoa itu akan semakin mendekatkan diri dengan Tuhan. 

Berdoa bukan hanya berbicara dengan Tuhan tetapi dapat memperkuat Iman dan lebih mengenal Tuhan dalam keseharian kita. Dalam katolik ada beberapa doa wajib yang perlu diketahui yaitu:


Rosario suci bunda Maria

Doa rosario suci adalah  menjadi doa pokok bagi umat katolik karena pada bulan mei dan oktober ditetapkan sebagai bulan Maria


Novena 3 salam Maria

Doa ini digunakan jika anda menghadapi masalah yang serius. Doa ini diwajibkan untuk berdoa pada waktu yang sama dan berturut turut biasanya 9 -3x9 hari.


Novena Kanak kanak Yesus

Doa ini hampir sama dengan novena 3 salam Maria di mana doa ini sangat membantu jika dalam keadaan terdesak dapat di doakan berturut turut selama 9 hari dan akan mendapatkan jawaban pada hari ke 9.


Novena kepada hati kudus Yesus

Novena ini digunakan untuk permohonan yang berat didoakan selama 9 hari pada jam yang sama.


Novena santo Yudas Tadeus

Doa ini untuk perkara yang sangat besar dan mustahil utuk manusia. Novena ini mengharuskan agar permohonan mendoakannya 9 kali dalam sehari selama 9 hari. Setiap hari pemohon harus membuat salinan doa itu setiap berdoa dan memberikannya kepada 9 orang berbeda setiaap harinya.


Doa 15 janji Kristus

Doa ini sangat cocok bagi anda yang senang bersekutu dalam doa. Doa ini menjanjikan karunia Roh Kudus sebanyak 21 karunia termasuk 15 karunia pokoknya. Doa ini terdiri dari doa pembukaan, doa bapa kami, doa salam maria, doa spontan dan doa penutup sebanyak 15 kali dan selama 1 tahun berturut turut.


Novena 7 karunia Roh Kudus

Doa ini didoakan saat peristiwa pantekosta yaitu setelah kenaikan Tuhan Yesus, didoakan selama 9 hari setelah hari pantekosta.

Dalam katolik kematian dipandang sebagai kehidupan yang sesungguhnya. 

Kematian bukanlah sesuatu yang menakutkan karena dari sana kita memperoleh kehidupan baru.

Kematian seorang kristen bukanlah kematian sia sia karena gereja katolik mengakui bahwa setelah kematian tidak hanya jiwa yang dibangkitkan dan hidup tetapi tubuh yang fana juga akan hidup.(Roma 8:11), sehingga sebagai orang kristen kebangkitan mengandung makna keslamatan karena Yesus. 

Katekismus gereja katolik menjelaskan iman akan kepercayaan kepada Yesus serta seluruh karyaNya menjadi jaminan bagi kita untuk mengalami kebangkitan diakhirat sehingga mengalami kehidupan kekal. 

Agama katolik percaya bahwa ketika orang meninggal maka berdasarkan hidupnya di dunia ini mereka akan dipisahkan kedalam 3 tempat, bagi orang kudus,suci dan santio santa akan masuk kedalam kerajaan sorga, bagi  orang yang tidak menuruti kehendak Tuhan akan masuk ke Neraka dan orang biasa akan masuk kedalam api penyucian dalam hal ini masih butuh di doakan agar bisa masuk ke sorga.

Dalam agama katolik mempercayai api penyucian sehingga dalam katolik ada tradisi mengijinkan umatnya untuk berdoa di makam dan juga mengijinkan umatnya untuk mengadakan peringatan arwah bagi orang meninggal seperti peringatan 3, hari 7 hari, 40 hari, 100 hari dan seterusnya.


Peringatan ini bertujuan untuk 3 hal yaitu mengenang, mencintai dan mendoakan .

Sekian artikelnya. Semoga bermanfaat.


Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

×
Berita Terbaru Update