-->

Notification

×

Iklan

Halaman

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Mencucuci Tangan Demi Kesehatan tidak ada Ruginya

Sabtu, 26 September 2020 | September 26, 2020 WIB | 0 Views Last Updated 2020-09-26T14:43:20Z

“Masa depan ada di tangan kita” kalimat tersebut benar adanya  karena masa depan kesehatan anda tergantung pada kebersihan tangan anda. 

Seperti Akhir akhir ini dunia dihebohkan dengan adanya infesi virus baru yang bernama coronavirus.

Banyak korban yang meningal akibat virus ini karena gagal napas. Vaksin dan pengobatan yang sfesifik belum ditemukan untuk mengobati infesi virus tersebut, tapi perlu diketahui penyebaran virus tersebut dapat dicegah dengan tindakan yang mungkin sering dianggap sepele dan sangat mudah dilakukan tapi terkadang sangat sulit untuk dipraktekan yaitu cuci tangan.

Sadarkah kita terkadang hal simpel seperti cuci tangan itu sangat membantu untuk menjaga kesehatan agar terhindar dari virus dan bakteri yang bisa saja memergoki tubuh yang indah yang Tuhan telah berikan untuk dijaga dan dirawat  dengan sebaik mungkin.

Mencuci tangan mungkin terlihat mudah dan sering diremehkan hingga terlupakan. Bahkan mungkin ada yang beranggapan seperti “ ngapain saya cuci tangan,  orang tangan saya tidak kotor, atau ngapain cuci tangan, tangan tangan saya, tidak repotkan orang” atau berbagai tanggapan lainnya dan keisengan lainnya yang bisa berpengaruh buruk bagi kesehatan. 

Hal ini di karenakan tangan adalah salah satu anggota tubuh yang paling sering dipakai untuk beraktivitas sehingga bisa jadi itu tempat ternyaman untuk bertumbuhnya  kuman, virus dan bakteri.

salah satu cara termudah membebaskan tanan dari penyebaran penyakit  adalah dengan membiasakan diri mencuci tangan. Perlu diketahui bahwa cuci tangan merupakan suatu hal yang sangat penting dalam dunia medis karena begitu banyak penyakit (virus dan bakteri) yang bisa tertularkan lewat tangan seperti “ penyakit saluran pernapasan, diare, infeksi cacing, typoid, penyakit kulit dan lain lain”.

Ada beberapa alasan penting mencuci tangan  “ menncegah penyakit, menghentikan penyebaran kuman  dan meyingkirkan virus dan bakteri”.

Kebersihan tangan bukan lagi menjadi pilihan tetapi sebuah kewajiban yang harus dipenuhi. Lalu kapan waktu yang tepat untuk mencuci  tangan, berikut waktunya:

Sebelum,  saat dan sesudah menyiapkan makanan
Sebelum dan setelah makan
Sebelum dan setelah mengasuh seseorang yang sakit di rumah
Setelah buang air
Setelah batuk dan bersin
Setelah menyentuh sampah
Setelah beraktivitas (aktivitas apapun harus cuci tangan setelah melakukan aktivitas).
Setelah mengetahui waktu yang tepat, perlu juga diketahui cara cuci tangan yang benar seperti :
Basahi seluruh tangan dengan air bersih
Ambil dan gosok sabun ke daerah telapak tangan, punggung tangan, dan sela sela jari serta Bersihkan bagian bawah kuku selama 20 detik
Bilas dengan air bersih
Keringkan tangan dengan handuk atau tissu.

Sepintas, cuci tangan memang terdengar sebagai aktivitas sepele tapi ini justru adalah bentuk pencegahan infeksi virus, kuman dan bakteri yang paling dasar dan sangat bermanfaat dan membantu dalam menjaga kesehatan sehari hari.

Praktekin terus aktivitas ini sehingga menjadi kebiasaan baru dalam gaya hidup sehat sehari hari.
Selamat mencoba dan salam  sehat, semoga bermanfaat.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

×
Berita Terbaru Update