Silabus, program tahunan, program semester serta RPP Matematika Kelas 5 SD. Download Perangkat Matematika SD kelas 5. Dowload prota, promes Matematika SD kelas 5. Download Silabus & RPP Matematika kelas 5 SD format terbaru.
Selamat malam bapak ibu guru rekan semuanya. Pada kesempatan baik ini kami akan membagikan perangkat pembelajaran yakni berupa silabus, program tahunan, program semester serta RPP Matematika Kelas 5 SD.
Seperti yang kalian ketahui, semenjak Nadiem Makarim menjabat sebagai menteri pendidikan dan kebudayaan, kita sebagai guru memiliki kebebasan merdeka belajar. Menurut beliau, guru tidak boleh terbebani dengan seabrek perangkat pembelajaran yang memberatkan. Oleh karenanya, guru diperkenankan membuat sederhana perangkat tersebut.
Dalam putusan menteri, Komponen Utama RPP KURIKULUM 2013 3 KOMPONEN REVISI 2020 Sesuai Surat Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019 meliputi 3 hal yakni: Tujuan Pembelajaran; Kegiatan Pembelajaran; dan Penilaian Asessment. Ketiga hal tersebut merupakan hal wajib yang harus dicantumkan dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran atau sering kita sebut RPP.
Donwload Silabus, Program Tahunan, Program Semester Serta RPP 1 Lembar Matematika Kelas 5 SD Terbaru.
Berikut kami sampaikan contoh cuplikan dari RPP Matematika yang bisa bapak ibu guru unduh dari halaman ini.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
MATEMATIKA
Kelas / Semester : 5 / 1
Pelajaran : Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan
Sub Pelajaran : Penjumlahan Pecahan Penyebut Beda (3.1, 4.1)
Pertemuan : 1
Alokasi waktu : 40 menit (2 JP)
- Melalui penjelasan guru siswa mampu memahami cara Penjumlahan terhadap berbagai bentuk pecahan dengan penyebut berbeda.
- Melalui berbagai latihan dan percobaan siswa mampu mengidentifikasi masalah yang berkaitan dengan Penjumlahan dua pecahan dengan penyebut berbeda.
Kegiatan | Deskripsi Kegiatan | Alokasi Waktu |
Kegiatan Pendahuluan | 1. Kelas dimulai dengan salam dilanjutkan dengan do’a. (Religius dan Integritas) 2. Menyanyikan salah satu lagu wajib dan atau nasional. (Nasionalisme). 3. Kegiatan literasi | 5 menit |
Kegiatan Inti | A. Alat dan Bahan 1. Peraga Digital SCI Media 2. Panduan Buku Siswa dan Guru B. Mengamati 1. Siswa mengamati dan guru menjelaskan tentang bentuk Penjumlahan pecahan penyebut beda. Literasi C. Menanya 1. Siswa menanyakan kepada guru tentang materi yang belum dipahami. (Communication) D. Menalar 1. Siswa mencoba berdiskusi dengan temannya tentang penjumlahan pecahan penyebut beda. (Gotong Royong, Mandiri) E. Mencoba 1. Guru memberikan soal latihan pecahan penyebut beda kepada siswa.(Creativity and Innovation), siswa untuk mengerjakan soal latihan tersebut secara individu F. Mengkomunikasikan 1. Siswa mempresentasikan secara lisan kepada teman-temanya tentang penjumlahan pecahan penyebut beda. 2. Siswa menyampaikan manfaat belajar penjumlahan pecahan penyebut beda yang dilakauan secara lisan di depan teman dan guru. .(Communication) | 30 menit |
| ||
Kegiatan Penutup | 1. Siswa mampu mengemukanan hasil hari ini.(kesimpulan) 2. Guru menyampaikan tugas kerja sama dengan Orang Tua, dan Siswa menyelesaikan tugas rumah sendiri dengan bimbingan orang tua. (Mandiri) 3. Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan Nasiaonalisme, Persatuan, dan Toleransi 4. Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa. (Religius) | 5 menit |
C. PENILAIAN
1. Pengamatan Sikap (pengamatan dan rekaman sikap)
2. Penilaian Pengetahuan (tes tulis, presentasi)
3. Penilaian Keterampilan (praktek, unjuk kerja)
Mengetahui Semarang, Juli 2020
Kepala SDN Lor Guru Kelas Va
Dra. Tutik, S.Pd Budi Adi, S.Pd
NIP. 2 004 NIP. 01902 1 001